INFO:
Home » » paragraf

paragraf

Kamis, 08 November 2012 | 0 komentar

Paragraf adalah bagian dari sebuah karangan atau teks yang memuat satu ide pokok. Ide pokok tersebut kemudian dijelaskan dengan kalimat-kalimat yang berfungsi sebagai penjelas. Ide pokok dapat diletakkan di depan, tengah, dan akhir paragraf. Untuk penulisannya, sebuah paragraf dimulai dengan baris baru. Sebutan lain untuk paragraf adalah alinea.
Setiap paragraf dalam sebuah bacaan mengandung satu kalimat utama. Kalimat utama merupakan hal terpenting dalam bacaan. Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
A. Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf yang dimulai de-ngan pernyataan umun menuju ke pernyataan khusus. Jadi, letak kalimat utamanya berada di awal paragraf.
B. Paragraf Induktif
Paragraf induktif adalah paragraf yang diawali dengan pernyataan khusus menuju ke pernyataan umum. Jadi, letak kalimat utamanya berada di akhir paragraf.
Contoh soal Paragraf : Pagi itu halaman sekolahku telah penuh sesak oleh siswa. Bagian yang tersisa dari halaman sekolahku yaitu empat meter memanjang-sepanjang halaman sekolah, sebagai lintasan lomba. Di ujung barat halaman sekolah empat siswa telah masuk ke dalam karung. Mereka bersiap untuk berlari. Peluit tanda start berbunyi. Empat siswa berlari menuju garis finish.
Ide pokok paragraf yang tepat untuk teks tersebut adalah…
a. Halaman sekolahku sempit
b. Pekan olahraga di sekolah
c. Lomba lari balap karung di sekolah
d. Peringatan tujuh belas Agustus di sekolah
Pembahasan soal Paragraf :
Ide pokok paragraf tersebut terletak di tengah paragraf, yaitu pada kalimat “Di ujung barat halaman sekolah empat siswa telah masuk ke dalam karung. Mereka bersiap untuk berlari.” Dari kedua kalimat tersebut kita dapat mengetahui bahwa paragraf ini membicarakan tentang Lomba lari balap karung di sekolah.
Jawaban: c
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SELAMAT DATANG DI KUNYUK BERSAUDARA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger